Selasa, 21 Februari 2012

Lambang SMA Pasundan 1 Bandung





Bentuk segi lima mengambil dari landasan Idiil Pancasila dengan kata-kata SEKOLAH MENENGAH ATAS PASUNDAN 1 BANDUNG. Di dalam garis segi lima terdapat lukisan komponen-komponen lambang yang dibagian bawahnya terdapat semboyan   “GRHA WIYATA ADHI WIBAWA”  adapun arti dan makna komponen-komponen lambang itu adalah: 

  
1. Bintang segi lima: lambang Ketuhanan Yang Maha Esa sumber hakiki hidup dan kehidupan yang tidak terpisahkan dari landasan Idiil Pancasila.

   

2. Senjata Kujang : Lambang Kebesaran daerah Jawa Barat ciri khas kebanggaan Tatar Sunda, senjata sakti warisan nenek moyang ki Sunda.


     
3. Api : Lambang dinamika hidup, sumber pancaran sinar terang dimana kaitannya dengan lembaga pendidikan sebagai obor penerang pedoman hidup yang sedang ditempuh. 

     
4. Sayap Garuda : Lambang wahana pendidikan dalam rangka mengurangi angkasa kehidupan.


5. Wadah : Lambang tempat bernaung hasrat mereguk ilmu untuk senjata beramai bakti.


6. Kubah : Lambang dasar agama sebagai ciri hakiki kesadaran makhluk Tuhan yang mengabdi berbakti.



Semboyan yang tercantum dibawah lukisan komponen lambang-lambang adalah : GRHA WIYATA ADHI WIBAWA yang mempunyai arti/makna TEMPAT PENDIDIKAN LUHUNG BERWIBAWA atau secara Idiil yang diharapkan dari arti dan makna dengan tafsiran bebas adalah "LEMBAGA PENDIDIKAN TEMPAT MENGGEMBLENG MANUSIA.MANUSIA AGAR MENJADI LUHUNG DAN BERWIBAWA". (luhung = tinggi)


     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar